Search

23.5.11

Mematikan Fungsi Autoplay/Autorun pada Windows XP dan Windows 7

Fungsi Autorun/Autoplay adalah fungsi otomatis mengkoneksikan alat atau device yang terpasang dan terhubung ke komputer lalu otomatis membaca isi paket yang ada di dalam device tersebut. Contohnya USB Flash Disk atau Hardisk Portable sebagai media penyimpanan file, begitu pula halnya kepada CD dan DVD ROM.
image
image
Hal ini terkadang membuat kita repot atau risih karena akan selalu muncul pertanyaan yang sama setiap kita memasukkan device USB ataupun CD/DVD ke dalam komputer kita. Apalagi sekarang sudah mulai muncul virus yang memanfaatkan fungsi Autorun tersebut sehingga bisa sangat berbahaya jika kita sembarangan memasukkan USB ke dalam komputer kita sendiri.
Nah, tutorial kali ini adalah bagaimana cara mematikan fungsi Autorun/Autoplay pada Windows XP dan Windows 7 untuk menghindari hal-hal yang telah dijelaskan sebelumnya.
Untuk mematikan system Autorun/ Autoplay ini maka kita diharuskan mengubah system konfigurasi Group Policy komputer kita, dimana Group Policy adalah salah satu bagian dari system kerja komputer kita. Untuk mengubah konfigurasi Group Policy maka lakukanlah hal sebagai berikut:

Pada Windows XP

Mulailah dengan Start Windows Menu dan pilih Run. Atau anda bisa menggunakan Shortcut Key Windows key + R .
Ketikkan GPEDIT.MSC dan tekan Enter
image
Setelah langkah di atas dilakukan maka kita telah masuk ke halaman Group Policy untuk mematikan system Autorun/ Autoplay pada komputer anda. Pada Local Computer Policy, pilih User Configuration, dilanjutkan Administrative Templates dan System. Di dalam folder System cari Turn off Autoplay klik dua kali atau klik kanan dan pilih Properties.
image
Jika langkah di atas telah dilakukan maka akan tampil form untuk mengedit system Autoplay. Lanjutkan dengan memilih radio check Enabled dan pada Turn off Autoplay on: pilih All drives.
image
Jika langkah-langkah di atas telah anda lakukan, maka system Autorun pada komputer anda telah anda matikan. Begitu pula pilihan yang akan muncul ketika anda memasukkan atau memasang device penyimpanan tambahan, pertanyaan pilihan pun tidak akan muncul lagi, sehingga anda bisa membaca isi media tersebut secara manual.

Pada Windows 7

Jika pada Windows 7 maka anda dapat melakukan hal yang sama seperti konfigurasi Group Policy pada Windows XP hanya saja terdapat sedikit perbedaan pada susunan Group Policy pada Windows 7. Konfigurasi AutoPlaynya ada pada posisi All Settings.
image
Atau anda bisa mematikan fungsi Autoplay tersebut melalui Control Panel pada Windows 7. Start Menu Windows, pilih Control Panel, ubah tampilan Control Panel ke Large atau Small Icon, lalu pilih AutoPlay. Pada halaman AutoPlay anda cukup uncheck / menghilangkan tanda check pada Use AutoPlay for all media and devices.
image
Bagaimana? Cukup mudah bukan, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat sobat.

 

No comments:

Post a Comment

jangan buat spam dan komentar link website !